Thursday, March 26, 2020

Cerpen Haruki Murakami: Julio Iglesias

  • Oleh Haruki Murakami

Setelah ia mencuri dupa pengusir nyamuk kami, kami tidak lagi memiliki apapun untuk melindungi diri dari serangan kura-kura laut.Kami mencoba memesan dupa lewat perusahaan dengan layanan pengiriman; tetapi, seperti yang kami duga, saluran telepon telah terputus, dan sejak beberapa minggu lalu sura-surat tak pernah lagi datang. Kalau dipikir-pikir, tidak mungkin kura-kura cerdik itu akan melewatkan ini--sejauh ini, kami dapat mencegahnya hanya karena dupa. Namun, sekarang ia pasti tidur siang dengan tenang di dasar laut biru sebagai persiapan untuk serangan malam ini.
"Beginilah akhir kita," kata sang wanita. "Ketika malam tiba, kita berdua akan dimakan."
"Kita tidak boleh kehilangan harapan," kataku. "Kita hanya perlu membuat rencana."
"Tapi kura-kura laut mencuri setiap batang dupa kita."
"Kita harus mencoba berpikir logis. Jika kura-kura sebegitu bencinya pada penolak nyamuk, pasti ada lagi hal lain yang sangat ia benci."
"Misalnya?"
“Julio Iglesias," kataku.
"Kenapa Julio Iglesias?" tanyanya.
"Entahlah, itu tiba-tiba muncul di kepalaku. Seperti firasat, atau semacamnya."
Mengikuti intuisiku, kupasang "Begin the Beguine"-nya Julio Iglesias ke pemutar piringan hitam dan menunggu malam tiba. Ketika gelap tiba, kura-kura laut akan menyerang, dan pertarungan terakhir akan dimulai. Apakah kami akan dimakan, atau apakah kura-kura akan kelaparan?

Ketika aku mendengar langkah kaki yang basah dan licin di dekat pintu sesaat setelah tengah malam, segera kujatuhkan lengan jarum ke atas piringan hitam. Ketika Julio Iglesias mulai menyanyikan "Begin the Beguine" dengan suara manisnya, langkah kaki terhenti, dan kami mendengar kura-kura menjerit kesakitan. Kami menang.

Malam itu, Julio Iglesias menyanyikan "Begin the Beguine" seratus dua puluh enam kali. Aku sendiri sebenarnya tidak terlalu suka Julio Iglesias, tetapi untungnya tidak sebenci kura-kura laut.


(Saya terjemahkan dari terjemahan versi Inggris oleh Kathryn Hemmann)

No comments:

Post a Comment