Wednesday, December 23, 2015

Bila ke Kotabaru, Inilah 10 Tempat yang Wajib Kamu Kunjungi

Berbicara mengenai destinasi wisata Kalsel, maka saya pikir Kotabaru adalah jawaban terbaik. Begitu banyaknya tempat-tempat yang memukau mata di kabupaten ini, sehingga satu bulan pun rasanya tidak akan cukup untuk menikmati semua keindahan alamnya. Kabupaten ini memang menyimpan banyak sekali keindahan alam yang akan membuat matamu terpana. Bahkan banyak yang mengatakan, Kotabaru adalah Bali kedua. Sebagian besar dari tempat-tempat indah tersebut bahkan masih belum banyak terjamah. Potensi Kotabaru sebagai destinasi wisata Kalsel memang sangat menjanjikan.
Apa sajakah keindahan alam di Kotabaru? Berikut adalah daftar 10 destinasi wisata Kotabaru yang wajib kamu datangi.



1. Pulau Samber Gelap

pulau samber gelap kotabaru kalsel
Pulau Samber Gelap
Sumber gambar: viewbug.com

Pulau ini beberapa tahun terakhir menjadi buah bibir di kalangan pecinta traveling. Pantainya yang menawan serta keindahan bawah lautnya menjadi daya tarik utama pulau ini. Selain itu, pulau ini juga merupakan "sarang" para penyu. Untuk sampai ke pulau ini, ada beberapa alternatif. Salah satunya menggunakan speed boat dari Pelabuhan Panjang, Kotabaru. Kurang lebih dua jam perjalanan laut, kecantikan pulau ini akan berada di depan anda.

2. Pantai Teluk Tamiang

pantai teluk tamiang kotabaru kalsel
Pantai Teluk Tamiang

Yang paling terkenal dari Teluk Tamiang adalah eksotisme terumbu karangnya. Berbagai jenis terumbu karang dengan ukuran super besar bukan barang langka di sini. Inilah surganya pecinta wisata bawah laut. Selain itu, pantainya pun juga tidak kalah menawan. Dari ibukota kabupaten, Kotabaru, kamu bisa menuju pantai nan cantik ini hanya dengan menggunakan transportasi darat. Atau kalau kamu ingin menggunakan angkutan umum, kamu bisa naik angkutan antar kecamatan dengan tujuan Lontar.

3. Pulau Tanjung Kunyit

pulau tanjung kunyit kotabaru kalsel
Pulau Tanjung Kunyit

Tidak jauh dari Teluk Tamiang, terdapat pulau keren yang sayang sekali bila tidak kamu kunjungi: Pulau Tanjung Kunyit. Di pulau ini terdapat mercusuar yang bila kamu menaikinya pemandangan indah akan terhampar di depan matamu. Sementara itu, terumbu karang di sekitar pulau ini juga sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja. Dari Pantai Teluk Tamiang, kamu bisa menggunakan kapal nelayan untuk menyeberang ke pulau ini.

4. Pulau Denauan

pulau denauan kotabaru kalsel
Pulau Denauan
Sumber gambar: kalimantanku.blogspot.com

Pulau Denauan adalah salah satu pulau yang terdapat di Kecamatan Pulau Sembilan. Pulau tak berpenghuni ini menawarkan pantai pasir putih yang sangat indah serta kesempatan menyaksikan langsung kawanan penyu bertelur.

5. Pulau Pemalikan

pulau pemalikan kotabaru kalsel
Pulau Pemalikan
Sumber gambar: bksda-kalsel.blogspot.com

Masih di Kecamatan Pulau Sembilan, ada lagi satu pulau yang wajib kamu kunjungi, Pulau Pemalikan. Sebuah pulau yang juga tak berpenghuni dengan keindahan pantai dan bawah lautnya serta penyu-penyu yang ada di pulau ini. Dengan jarak tempuh ± 48,6 km dari Pulau Marabatuan, ibu kota Kecamatan Pulau Sembilan, kamu akan tiba di pulau dengan segala keindahannya ini.

6. Pulau Birah-Birahan

pulau birah-birahan kotabaru kalsel
Pulau Birah-Birahan
Sumber gambar: telapakkakimelengkung.blogspot.com

Dengan pasir putih dan airnya yang sangat bening, pulau ini memiliki banyak sekali spot-spot menarik yang bisa kamu eksplore sepuasnya. Pantai, tebing batu, bawah laut, penyu, matahari tenggelam, adalah hal-hal indah yang akan kamu nikmati di pulau ini. Adapun alternatif menuju pulau ini salah satunya adalah menggunakan kapal nelayan dari Lontar atau dari Teluk Tamiang dengan lama tempuh sekitar 2 hingga 3 jam.

7. Pantai Tanjung Ketapang

pantai tanjung ketapang kotabaru kalsel
Pantai Tanjung Ketapang
Sumber gambar: nfitriah.blogspot.com

Pantai ini berjarak sekitar 10 Km dari ibukota kabupaten, Kotabaru. Dengan dominasi batuan karang serta airnya yang jernih, pantai ini memiliki "cita rasanya" tersendiri. Nikmatilah ketenangan di pantai ini sembari menikmati panorama laut biru yang mendamaikan.

8. Pantai Gedambaan (Sarang Tiung)

pantai gedambaan sarang tiung kotabaru kalsel
Pantai Gedambaan (Sarang Tiung)

Tidak jauh dari pusat kota Kotabaru, terpadat pantai jelita bernama Gedambaan, atau yang dulu biasa disebut Pantai Sarang Tiung karena letaknya di Desa Sarang Tiung. Menikmati matahari terbit begitu pas di pantai ini karena letaknya yang timur. Sementara di belakangnya, sebuah bukit menambah keindahan panorama pantai ini. Di pantai ini juga telah tersedia beberapa penginapan yang dapat kamu sewa.

9. Pantai Teluk Gosong

pantai teluk gosong kotabaru kalsel
Pantai Teluk Gosong
Sumber gambar: wisatakalimantan.blogspot.com

Berbeda jauh dari namanya, pantai ini justru memiliki pasir yang putih. Suasana hening di pantai ini ditambah pemandangan laut yang menentramkan, diiringi bunyi debur ombak serta angin semilir yang membelai, benar-benar akan membuat beban pikiranmu seperti menguap dari kepala. Letak pantai ini tidak terlalu jauh dari Pantai Gedambaan, tepatnya di Jalan Raya Berangas kilometer 18.

10. Goa Temuluang

goa temuluang kotabaru kalsel
Goa Temuluang
Sumber gambar: pariwisatakotabaru.info

Bosan dengan pantai dan laut, Kotabaru juga memiliki goa yang eksotis, Goa Temuluang namanya. Selain suasananya yang eksotis dengan air di dasarnya, goa ini ternyata juga mempunyai banyak cerita dan sejarah. Namun yang paling membuat goa ini terkenal adalah banyaknya sarang walet berkualitas tinggi di dalamnya. Goa ini berada di wilayah Kecamatan Kelumpang Hulu. Selama perjalanan, kamu akan disuguhi pemandangan gunung-gunung batu kapur yang menjulang indah.


Pembaca, itu tadi 10 destinasi wisata Kalsel yang ada di Kotabaru yang wajib kamu kunjungi bila ke Kotabaru. Bagaimana? Benar-benar wajib dikunjungi, bukan?
Lantas, bagaimana untuk sampai ke Kotabaru? Sebelumnya kamu bisa menggunakan maskapai Garuda Indonesia dengan tujuan Bandara Syamsudinoor, Banjarmasin. Dari Bandara Syamsudinoor, kamu bisa menggunakan pesawat lain dengan tujuan Kotabaru, atau menaiki bis jurusan Kotabaru dari Terminal Induk Km. 6, Banjarmasin. Sampai di Kotabaru, kamu tinggal pilih, mana dari kesepuluh tempat menarik tadi yang akan pertama kamu kunjungi.
Ingat, mari kita sama-sama menjaga tempat-tempat indah tersebut agar tetap terjaga keindahannya, di antaranya dengan tidak membuang sampah sembarangan dan merusak atau mengganggu ekosistem yang ada di tempat tersebut. Selain itu, membantu mempromosikan destinasi-destinasi wisata Kalsel juga merupakan sumbangan besar demi meningkatkan sektor pariwisata di Kalimantan Selatan. Mari jalan-jalan! Kalsel itu indah, bro!

lomba blog wisata kalsel

52 comments:

  1. Destinasi Wisata Kalsel terutama kotabaru memang sangat banyak ya, tapi sayang sekarang sudah kurang terawat

    ReplyDelete
  2. mari kita terus jaga, lestarikan dan promosikan wisata2 yg ada di kalimantan selatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kotabaru sangat potensial jadi wisata internasional seperti Bali.

      Delete
  3. urang ktb nah tapi baru beberapa destinasi yang didatangi =(. nice blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. ulun jua hanyar beberapa yg suah tedatangi. lain orang kotabaru soalnya. hihi...

      Delete
    2. menambahkan, air terjun sebelimbingan dan hutan wisata meranti juga wajib didatangi :)

      Delete
    3. oh.. hanyar suah mendangar nah.. sip.. mudahan kawa tatulak.

      Delete
    4. Yup bujur tu, Air Terjun Tumpang Dua Desa Sebelimbingan awan Pulau Meranti yang wayahini pina rami dikunjungi. Sebenarnya Kotabaru tu byk jua wisata air terjunnya bro. Cuman karna akses jalannya masih kada mamadai (masih sabat)kdd yg mnggaduhi, malah ada beberapa akses jalannya yg sdh kdd lagi/hilang, jd urang byk yg kadatahu. Mun pantai tu habis kisah ae dah....ngarannya jua pulau nang dikalilingi laut.

      Delete
    5. iya am nah, bujur banar... air terjun di kotabaru kada tapi banyak yg tahu. mudahan ai ada kepedulian dri pemerintah lawan jua kesadaran dri masyarakatnya gasan mamajuakan wisata di kotabaru.

      Delete
  4. air terjun sebelimbingan bisa kasih info lokasi sama fotonyakah?? bulan juli rencana mau ke kotabaru tempat keluarga

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu bisa tanyakan langsung sama Sri Herlini. =D

      Delete
  5. Supaya lebih menarik lagi, bisa ditambahkan rute akses ke masing-masing tempat wisata beserta estimasi biaya yang dibutuhkan. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga bisa saya tulis nanti pak. hehe.. mungkin di postingan berikutnya,kalau ada kesempatan. kalau di sini takutnya terlalu panjang.. di sini cukup perkenalannya dulu. *ngeles

      Delete
  6. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete
  7. Belum pernah jalan-jalan ke sini..

    ReplyDelete
  8. Rugi bnar bila ke kotabaru kd ke Pulau Tanjung Kunyit, dsn ad wisata bahari peninggalan belanda, dan hamparan pasir putihnya yang mengelilingi pulau Tanjung Kunyit, Biodata laut bervariasi dan terumbu karang nya yg bervariasi.
    Semua itu cuma ada di Tanjung Kunyit, kecamatan Pulau Laut Tanjung Selayar.
    Selamat berlibur di Tanjung Kunyit.
    Kami Pemdes Tanjung Kunyit Siap melayani anda dengan dgn penginapan gratis

    ReplyDelete
    Replies
    1. semalam waktu ulun ke tanjung kunyit & teluk tamiang, menginapnya di rumah pambakal jua, yg anak namanya apri. hehe...

      Delete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Di sekitar pantai itu sudah ada penginapan apa ga ada ya? Saya beberapa kali ke kotabaru ga sempet ke lokasi itu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pantai yang mana ya? kalau pantai Gedambaan ada penginapannya tepat di pantai tersebut :)
      kalau pantai Teluk Tamiang bisa menginap di rumah warga atau rumah kepala desa.

      Delete
    2. Minta tolong beritahu baiknya kewisata mana setelah kepantai gedambaan ds sarang tiung, apa ke air terjun tumpang dua ds sebelimbingan, kalau menggunakan bus

      Delete
    3. Minta tolong beritahu baiknya kewisata mana setelah kepantai gedambaan ds sarang tiung, apa ke air terjun tumpang dua ds sebelimbingan, kalau menggunakan bus

      Delete
  11. No WA sy 082254535775. PARHAN

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah maaf mas parhan, untuk jalur bis sya kurang tahu krena sya bukan orang sana. kalau k kotabaru sya biasanya naik motor aja. mungkin bsa dtanyakn k pnduduk sekitar d terminal

      Delete
  12. No WA sy 082254535775. PARHAN

    ReplyDelete
  13. Permisi ya, minta tolong share dong destinasi pantai kota baru, selain tanjung kunyit, pulau sembilan, gendambaan, sama samber gelap. Soalnya sdh pernah kesana dan mau cari lokasi yg lain,�

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh keren, udah pernah ke tempat2 yang paling keren di kotabaru :D
      selain itu mungkin yg di sekitaran kotanya aja, atau di wilayah kotabaru yg masuk pulau kalimatan (bukan pulau laut)

      Delete
  14. Wah kotabaru memang bagus bgt ya... sayang bgt aku jarang kesitu 😭
    Seringnya cuma palingan di sekitar pelaihari doang. Kmren barusan dari pantai asmara di tanah laut, lumayan bagus sih. Aku ada nge share foto fotonya disini http://nurmaharani.blogspot.co.id/2017/07/asmara-di-tanah-laut.html
    Tapi ttp aja ngiler sama foto foto di kotabaru, apalagi yg samber gelap, teluk tamiang, sama birah birahan 😩

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak papa. ntar coba yg lebih jauh lagi, seperti di batulicin, habis itu baru coba ke yg lebih jauh, ke kotabaru :D

      Delete
  15. Ada gak kontak atau no telpon cottage di pantai Gedambaan?? Tolong bantuannya. Rencana mau kesana

    ReplyDelete
  16. Ketika perjalanan indah hanya bisa dinikmati dengan foto, ayo bersama kami kita jelajahi alam kotabaru

    ReplyDelete
  17. bagus banget tempatnya ngak kalah sama wisata wisata lain
    pakettourjogja

    ReplyDelete
  18. Kemarin baru ke Teluk Tamiang sama pulau Birah-birahan, keren banget.. Pengen ke kotabaru lagi tp mau ke Samber gelap..
    Ada ga bus dr bjm yg langsung nyampe di kotabarunya?

    ReplyDelete
  19. Permisi. Saya rencana bulan november sekitar 18orng ingin berangkat ke pulau samber gelap. Kira kira ada kah kontak nomer telpon kapal besar untung penyeberangan ke pulau samber gelap supaya menghemat biaya.

    ReplyDelete
  20. makasih atas infonya sangat membantu, dan jangan lupa kunjungi balik web kami http://bit.ly/2CEy6Fs

    ReplyDelete
  21. Di dekat pantai teluk tamiang adakah sudah penginapannya? Yang tau infonya dong terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siapa yg mau k kotabaru sabtu ini?? Biar ada temenx

      Delete
  22. Dapat Promo Cashback Deposit 10%, Promo Imlek 2019 di situs Agen Poker Online Indonesia S1288POKER FREECHIP Untuk Pendaftar Baru BURUAN !!!
    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    BBM : 7AC8D76B
    WA : 08122221680

    ReplyDelete
  23. Buy Twitter FollowersTwesocial helps you grow your twitter with real twitter followers. Buy Twitter followers and grow with active followers. Real results, real people. Get twitter followers now."

    ReplyDelete
  24. You can use different lipstick shades such as red, orange, and peach all of them will Visit Here brillant.

    ReplyDelete
  25. my friends make me agree to buy a diamond ring from a trusted online jeweler Visit here are one of the best among Online jewelers.

    ReplyDelete
  26. Thanks for this comlete list. I have check all of these websites, all are in working
    and I get many of the backlinks for my website. Thanks...

    Click Here

    ReplyDelete