Tuesday, December 29, 2015

Pastikan Kamu Mengunjungi 10 Tempat Menarik Ini Saat ke Banjarmasin

Siapa sih yang tidak kenal Banjarmasin? Kota dengan julukan "Kota Seribu Sungai" ini merupakan kota terbesar dan terpadat di Kalimantan, serta salah satu dari kota besar di Indonesia. Sungai adalah urat nadi bagi kota ini. Ia menjadi jalur transportasi dan juga magnet pariwisata. Dengan banyaknya sungai yang berada di kota ini, maka Banjarmasin sangat potensial menjadi destinasi wisata Kalsel. Tidak mustahil, kota ini nantinya akan seperti Venesia dengan kanal-kanalnya yang terkenal itu.
Untuk ke kota cantik ini, berbagai maskapai penerbangan setiap harinya siap mengantarkan kita. Salah satunya adalah Garuda Indonesia. Maskapai ini memiliki banyak kelebihan dibanding maskapai lainnya, di antara yang utama ialah ketepatan waktu. Memangnya siapa sih yang suka delay? Selain itu, layanan selama penerbangan juga sangat memuaskan.
Setelah sampai di Banjarmasin, lalu kita mau ke mana? Nah, bila kamu ke Banjarmasin, pastikan kamu mengunjungi 10 tempat-tempat menarik berikut ini.



1. Pasar Terapung Kuin

Pasar Terapung Kuin Banjarmasin
Pasar Terapung Kuin
Sumber gambar: amounk027.blogspot.com

Pagi hari, jangan lupa ke Pasar Terapung Kuin. Pasar terapung ini adanya cuma di Kalsel lho... Pasar ini, meskipun tidak seramai Pasar Terapung Lok Baintan, lokasinya jauh lebih dekat daripada Pasar Terapung Lok Baintan karena masih di dalam kota. Tersedia banyak kelotok (perahu mesin tradisional) yang siap mengantar kita menikmati pasar di atas air ini. Saat di sini, jangan lewatkan juga sensasi menikmati Soto Kuin yang terkenal nikmat di atas perahu yang bergoyang.

2. Masjid Sultan Suriansyah
Masjid Sultan Suriansyah Banjarmasin
Masjid Sultan Suriansyah
Sumber gambar: dhannysurya.blogspot.com

Sebelum pergi ke Pasar Terapung Kuin atau setelah pulang dari sana, sempatkan untuk mampir di masjid yang memiliki banyak nilai historis bagi masyarakat Banjar ini. Masjid ini adalah masjid pertama di Kalimantan Selatan yang dibangun oleh raja Banjar pertama yang memeluk Islam, Sultan Suriansyah. Dibangun dengan arsitektur khas Banjar.

3. Kampung Tua Sungai Jingah

kampung tua sungai jingah banjarmasin
Kampung Tua Sungai Jingah
Sumber gambar: kabarbanjarmasin.com

Kalau kamu ingin melihat suasana yang sangat Banjar, datanglah ke Sungai Jingah. Di kampung tua ini, kita akan menyaksikan rumah-rumah tua berusia ratusan tahun dengan arsitektur khas Banjar di sepanjang tepi sungai. Di sini, kita juga akan menemukan Makam Surgi Mufti K.H. Jamaluddin, seorang tokoh agama yang begitu kharismatik pada masanya.


4. Kampung Sasirangan

Kampung Sasirangan Banjarmasin
Kampung Sasirangan Banjarmasin
Sumber gambar: nonidita.wordpress.com

Ke Banjarmasin rasanya tidak lengkap jika tidak membeli sasirangan, kain khas Kalimantan Selatan. Di Kampung Sasirangan kita bisa memilih berbagai jenis dan motif sasirangan. Bukan hanya itu, di sini kita juga bisa menyaksikan langsung proses pembuatan kain mewah ini.

5. Pasar Terapung Siring Tendean

Pasar Terapung Siring Tendean Banjarmasin
Pasar Terapung Siring Tendean
Sumber gambar: panoramio.com

Pasar terapung yang berlokasi di Siring Tendean atau di seberang Masjid Raya Sabilal Muhtadin ini memang bukan pasar terapung alami, melainkan buatan. Dikelola dan difasilitasi langsung oleh Dinas Pariwisata Kota Banjarmasin. Pasar ini hanya ada pada sore Sabtu serta pagi Minggu. Tapi karena letaknya yang tepat di tengah kota, pasar terapung ini selalu ramai didatangi pengunjung. Setelah lelah jogging di sekitaran Siring Tendean atau Masjid Raya Sabilal Muhtadin, berbelanja atau mencari santapan di pasar terapung ini adalah pilihan yang sangat tepat. Selain itu, di pasar ini juga terdapat perahu wisata yang akan mengantar kita menyusuri sungai di Banjarmasin cukup dengan membayar Rp. 5.000,-

6. Menara Pandang Sungai Martapura

Menara Pandang Sungai Martapura
Menara Pandang Sungai Martapura
Sumber gambar: banjarmasinkota.go.id

Masih di Siring Tendean, terdapat menara pandang dengan arsitektur yang unik. Dari atas menara, kita bisa melihat Kota Banjarmasin dengan view yang luas. Menyaksikan matahari tenggelam dari atas menara ini akan menjadi pengalaman yang sangat berkesan dan tak akan terlupakan.

7. Kawasan Wisata Kuliner Mandiri

Kawasan Wisata Kuliner Mandiri Banjarmasin
Kawasan Wisata Kuliner Mandiri
Sumber gambar: handilbakti.com

Masih di pusat kota, Banjarmasin juga memiliki kawasan wisata kuliner yang bukan hanya menyuguhkan berbagai hidangan nikmat, tetapi juga pemandangan yang memikat. Duduk menikmati makan atau sekadar minum di samping Sungai Martapura yang tenang benar-benar sesuatu yang tak boleh kamu lewatkan.

8. Museum Waja Sampai Kaputing (Wasaka)

Museum Waja Sampai Kaputing  Wasaka Banjarmasin
Museum Waja Sampai Kaputing (Wasaka)
Sumber gambar: lensabanjarmasin.blogspot.com

Wisata edukatif di Banjarmasin? Museum Wasaka adalah jawabannya. Museum ini memiliki banyak koleksi barang-barang peninggalan zaman dahulu. Sementara bangunannya merupakan rumah khas Banjar yang sudah berumur ratusa tahun.

9. Masjid Raya Sabilal Muhtadin

Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin
Masjid Raya Sabilal Muhtadin
Sumber gambar: memowisata.com

Pastikan kamu tidak melewatkan yang satu ini. Masjid yang dibungkus batu marmer ini memiliki nilai artistik yang tinggi. Keindahan tiap bagian bangunan ini sungguh menakjubkan. Bisa dibilang, ini bukan sekadar masjid, tapi karya seni.
Masjid megah ini, selain sebagai pusat kegiatan Islam, juga merupakan titik nol dari Kalimatan Selatan.

10. Taman Kamboja

Taman Kamboja Banjarmasin
Taman Kamboja
Sumber gambar: panoramio.com

Inilah taman terluas di Kota Banjarmasin. Setelah lelah dengan segala aktivitas yang menjemukan, bersantai bersama orang terdekat sambil menikmati sore hari di taman ini adalah pilihan yang sangat tepat.

Oke, itu tadi daftar 10 Tempat yang harus masuk dalam list-mu saat berada di Banjarmasin. Usaha pemerintah Kota Banjarmasin dalam meningkatkan sektor pariwisata tampaknya tidak main-main. Terbukti dengan terus dibangunnya lahan terbuka hijau dan siring yang baru, pengadaan monumen maskot bekantan, usaha revitalisasi sungai, dan lain-lain. Akan tetapi semuanya itu tentu akan sia-sia tanpa peran serta masyarakatnya dalam menjaga kenyamanan tempat-tempat wisata tersebut. Mari bersama kita wujudkan Banjarmasin sebagai destinasi wisata Kalsel.

lomba blog wisata kalsel

3 comments: