Tuesday, February 11, 2014

Review Buku: Of Mice and Men (Novel John Steinbeck)


Judul: Of Mice and Men
Penulis: John Steinbeck
Penerbit: Ufuk Press
ISBN: 978-602-8224-72-7
Cetakan: I (2009)
Tebal: 240 halaman

Inilah novel John Steinbeck yang pertama kali saya baca, dan setelahnya langsung memburu novel-novelnya yang lain. Novel tentang persahabatan, persahabatan yang tulus, tanpa ada ikatan darah, hutang budi, atau saling memanfaatkan.
Novel yang masuk daftar novel terbaik sepanjang masa ini mengisahkan George, yang bertubuh kecil, bersama sahabatnya, Lennie yang bertubuh sangat besar dan kedunguan yang juga tak kalah besar. Orang yang melihat dua pemuda ini pasti mengira George memanfaatkan dan selalu membodohi Lennie. Tapi tidak, George sahabat yang setia. Dialah yang selalu menyelamatkan Lennie dari masalah-masalah yang timbul akibat kedunguan Lennie, sifat kekanakannya, serta ketidakmampuannya mengendalikan kekuatan dan emosi.
Tak ada yang mereka miliki di dunia ini selain diri mereka sendiri dan sebuah impian: memiliki sebidang tanah sehingga bisa hidup dengan damai. Dengan lugunya Lennie selalu meminta George untuk menceritakan mimpi mereka. Lennie akan merasa senang jika mimpi itu diceritakan George, apalagi pada bagian Lennie akan memelihara seekor kelinci. Mereka pun mencari pekerjaan di sebuah peternakan dengan harapan akan tinggal cukup lama di sana dan bisa mengumpulkan uang demi impian mereka itu.
Di tempat baru itulah, Lennie kembali mendapat masalah besar, dan tampaknya George tak dapat menyelamatkan sahabatnya ini seperti yang sudah-sudah.
Ending novel tipis ini sungguh getir. Sesuatu yang selalu diingat pembaca setelah membacanya.

No comments:

Post a Comment