Thursday, June 13, 2013

Cara Mengetahui Apakah Seseorang Teman Sejati Anda

teman sejati
Apakah dia benar-benar perhatian pada Anda? Apakah dia setia? Apakah dia hanya berpura-pura menyukai Anda? Terkadang, kita sulit mengetahui seseorang benar-benar merupakan teman sejati ataukah hanya berpura-pura menjadi teman kita. Tetapi, Anda tidak akan lagi membuang waktu untuk hubungan yang tak berguna atau hubungan yang hanya menguntungkan salah satu pihak. Dengan rahasia-rahasia psikologis berikut ini, Anda tidak akan sangsi lagi apakah dia benar-benar perhatian pada Anda ataukah hanya mementingkan diri sendiri. Anda dapat selalu mengetahuinya, setiap saat. Mungkin, inilah saat yang tepat untuk mengingatkan Anda bahwa pertemanan adalah dasar bagi setiap hubungan. Jika Anda berteman seseorang yang tidak lulus tes ini, maka hubungan Anda dengannya kemungkinan tidak berjalan dengan baik.

Enam Tes Penting untuk Mengetahui Apakah Seseorang adalah Teman Sejati


- Perhatian
Salah satu kriteria penting dalam menilai seorang teman adalah seberapa perhatian dia pada kehidupan Anda. Katakan padanya hal penting yang terjadi dalam hidup Anda dan lihatlah apakah dia menanggapi dan mencari tahu lebih jauh. Jika dia tidak melakukan hal itu, maka hubungi dia lagi dan lihatlah apakah dia menyinggungnya. Terakhir, jika dia tidak menyinggungnya, berilah isyarat tentang hal itu dan lihatlah apakah dia mengingat percakapan Anda sebelumnya tentang hal itu ataukah tidak.
- Kesetiaan
Ceritakan padanya rahasia seorang teman dekat Anda dan lihatlah apakah dia berkomentar ataukah tidak. Seorang teman sejati mengetahui arti kepercayaan dalam sebuah hubungan. Pastikan bahwa dia tampak keberatan karena Anda telah menceritakan rahasia seorang teman pada orang lain.
- Kebanggaan
Siapa pun dapat menghibur kesedihan Anda, karena mereka merasa menjadi orang baik setelah melakukannya. Tetapi, lihatlah siapa yang menepuk punggung Anda ketika Anda sukses menjalankan suatu pekerjaan. Orang-orang yang tidak cemburu dan iri akan melakukan hal itu. Seorang teman sejati akan bangga dengan prestasi Anda, bukannya iri dengan kesuksesan Anda. Lihatlah apakah dia mendatangi Anda ketika Anda menerima berita baik, bukan hanya berita buruk. Banyak orang yang bersedia "menghibur" tatkala kenyataan membelakangi apa yang Anda harapkan. Tetapi, sulit menemukan orang yang mengucapkan selamat kepada Anda tatkala segalanya berjalan sesuai keinginan Anda.
- Kejujuran
Teman sejati adalah teman yang mau memberitahukan hal-hal yang tidak ingin Anda dengar. Dia rela Anda benci jika apa yang dia lakukan bermanfaat untuk Anda. Apakah dia mau mengatakan hal-hal bermanfaat untuk Anda sekalipun dia tahu bahwa hal itu dapat membuat Anda kecewa padanya?
- Penghargaan
Katakanlah padanya bahwa ada sesuatu yang menyenangkan--sesuatu yang baik--yang sedang terjadi dalam hidup Anda, tetapi Anda lebih suka untuk tidak membicarakannya saat ini. Lalu, lihatlah apakah dia mendesak Anda untuk menceritakannya ataukah tidak. Ada perbedaan antara rasa ingin tahu dan perhatian. Jika dia menunjukkan sikap bahwa dia "harus tahu", berarti dia hanya tertarik pada gosip dan bukan pada Anda. Teman yang baik akan menghormati harapan-harapan Anda dan memberi Anda kesempatan untuk meraihnya--tanpa memaksakan keingintahuannya. Dia mungkin akan terus menyinggungnya karena tertarik, tetapi dia tidak akan serta-merta dan terus-menerus mendesak Anda untuk menceritakannya apabila Anda sudah menegaskan bahwa Anda tidak ingin menceritakannya sekarang. Alasan mengapa Anda harus menggunakan "misteri" positif, bukannya negatif, adalah karena jika seorang teman baik Anda beritahu bahwa sesuatu yang salah atau buruk sedang menimpa Anda, dia akan berusaha perhatian pada Anda. Jadi, Anda tidak dapat menguji penghargaannya dengan misteri negatif.
- Pengorbanan
Apakah dia mau mengorbankan sesuatu jika hal itu bisa membuat Anda senang? Relakah dia mengorbankan kesenangannya sendiri untuk kebahagiaan Anda? Siapa yang memutuskan apa yang akan Anda lakukan? Apakah arti kata "kompromi" menurut dia? Ketika situasi berisiko tinggi sedang menimpa Anda, kebanyakan orang berhamburan pergi untuk melindungi kepentingan mereka sendiri. Perhatikanlah, apakah dia satu-satunya orang yang berpikir atau berencana untuk membantu Anda "keluar dengan selamat", ataukah dia tampak mendahulukan, dan berusaha menyelamatkan, kepentingannya sendiri.

Poin Penting


Jika teman Anda lulus dalam empat hingga enam poin tes di atas, kemungkinan besar Anda telah mendapatkan teman baik yang bisa diandalkan. Jika dia hanya lulus dalam tiga poin atau kurang, Anda mungkin perlu meninjau ulang pertemanan Anda dengannya, atau membicarakan hal ini padanya.
Tentu saja, karena kita mengalami banyak hal dalam kehidupan, kita mungkin saja bingung dan secara tak sadar menjadi kurang peka. Jadi, sebaiknya, pengukuran hubungan Anda dengan enam faktor ini dilakukan dalam jangka waktu tertentu, bukan hanya dalam sehari.[]
Sumber:
Lieberman, D. J. (2000). Get Anyone to Do Anything: Never Feel Powerless--with Psychological Secrets to Control and Influence Every Situation. New York: St. Martin's Griffin

8 comments:

  1. Jadi inget lagunya Ari Lasso nih.

    ReplyDelete
  2. yang judulnya apa mbak? :)

    ReplyDelete
  3. Ya Allah, semoga temen2 saya sekarang emang bener2 teman sejati saya..

    ReplyDelete
  4. nah, dites aja dg 6 tes di atas mbak :)

    ReplyDelete
  5. Memang tidak banyak teman sejati itu. Teman sejati itu berbeda dengan sahabat ya? Karena sahabat seperti teman, datang dan pergi :)

    ReplyDelete
  6. asal komunikasinya bagus, pasti banyak punya teman sejati mbak :)

    ReplyDelete
  7. sepertinya saya banyak dapet teman sejati nih ..

    nice post nih

    ReplyDelete