Wednesday, March 4, 2015

Ingress, Game yang Mengubah Hidup Saya

game Ingress

Sungguh, saya bukan orang yang suka game. Sebisa mungkin dalam hidup saya tidak melakukan hal-hal yang membuang waktu seperti ngegame. Ketika umur SD teman-teman saya berjam-jam di rental PS, saya justru membaca buku di rumah. Ketika orang-orang asik dengan Get Rich dan Clash of Clans di gadget android mereka, saya justru browsing membaca karya-karya sastra. Hidup saya benar-benar serius.
Saya langsung mengabaikan ketika Aya, teman saya saat di pesantren dulu menceritakan tentang game seru yang dimainkan Qori, teman saya yang lain saat di pesantren.
Aya menjelaskan bahwa game tersebut menggunakan dunia nyata dan si pemain harus mendatangi tempat-tempat tertentu untuk mengambil alih tempat tersebut. Kedengaran sangat menarik, dan sulit dipercaya. Ya, saya tidak percaya ada game semacam itu, tidak hingga kemudian Qori langsung yang menceritakannya. Namun bahkan saat Qori sendiri yang menjelaskan tentang game itu saya tetap mengabaikannya.
Dan hidup saya terus berlanjut, dengan serius.
Lalu pada suatu pagi Ahad, satu bulan yang lalu, saya merasa benar-benar tidak tahu apa yang harus dilakukan. Bukan, saya bukannya tidak punya pekerjaan yang harus dilakukan. Tugas laporan praktik di rumah sakit menunggu untuk ditulis, pakaian kotor menumpuk di sudut kamar, motor mio kesayangan sudah tak jelas warnanya karena cipratan becek, dan ada buku-buku bagus yang ingin sekali saya baca.
Saya hanya stress, perlu sesuatu yang baru yang mungkin menarik guna melepas stress, lalu saya kirimlah sebuah pesan melalui jejaring BBM pada Qori, sesuatu yang beberapa minggu kemudian akan sangat saya sesali karena akhirnya saya justru semakin stress.
"Apa nama game yang kamu tawarkan dulu?"
"Ingress," jawab Qori. "Pilih kubu biru, biar kita battle," tambahnya.
***


Saya tidak lantas mencari game tersebut di Play Store alih-alih mengunduhnya. Saya masih bertahan dengan pendirian tidak akan membuang-buang waktu hanya untuk sebuah game yang tidak jelas apa manfaatya untuk hidup saya.
Saar dinas di rumah sakit, saat itu sedang tidak ada tindakan yang dikerjakan, teman-teman di kelompok asik membicarakan game COC. Saya tidak mengerti apa yang mereka bicarakan, namun agar tetap bisa bicara yang tak jauh meleset dari tema, bertanyalah saya pada mereka.
"Kalian tahu game Ingress?"
Mereka bingung dan menggeleng. Sudah diduga.
Lalu saya jelaskanlah seingat saya. "Di game ini kita saling mengambil alih kekuasaan suatu tempat. Tapi tempatnya menggunakan dunia nyata. Biasanya berupa tugu, patung, dan sebagainya."
Salah satu dari mereka langsung tertarik, dan langsung mencarinya.
"Ini?" Tanyanya sambil menunjukkan layar hp.
Saya, yang belum mencobanya tentu saja bingung, tapi langsung saya iyakan, sambil diam-diam mendownloadnya juga.
"Wah, OS hapeku tidak mendukung."
Saya lega, itu menghindari pertanyaan lebih lanjut yang sudah tentu saya tidak bisa menjawabnya.
Download selesai, saya buka game tersebut, lalu muncullah tahap-tahap pendaftaran, di tahap memilih kubu, saya memilih biru seperti saran Qori (pilihan yang saya sesali, karena di Banjarmasin sudah banyak pemain biru).
Lalu, mulailah babak baru dalam hidup saya....
Babak di mana banyak hal menjadi berubah: jam tidur, rute menuju rumah sakit, tempat makan, waktu sampai ke suatu tempat, kecepatan habisnya bensin, dan yang paling mencemaskan adalah tugas-tugas laporan yang tak lagi bisa ditoleransi. Ingress, mengubah hidup saya...

8 comments:

  1. klo aku lagi ketagihan game jadul plant vz zombie 2

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu gamenya online atau offline ya mbak?

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. halahhh... km ni ganti blog terus.

      Delete
  2. Salam dari enlightened bandung

    #TeaQuillas

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam balik... :D
      semoga bisa ketemu suatu saat sambil war. hehe

      Delete
  3. salam dari enlightened Jawa timur.. dimana di buka scanner di situ main hehehehe... dengan main ingress biasanya pulang 2 jam bisa jadi 3 atau malah 4 jam di perjalanan... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. beberapa bulan lalu saya ke jatim buat main ingress. hehe
      sebelum pulang ke banjarmasin, saya ke madura buat bikin link ke banjarmasin. rencana mau diterusin jadi cf gede saat pulang ke banjarmasin. tapi begitu sudah pulang, ternyata link tadi sudah hancur. jatim memang gudangnya enlight rupanya. hehe... salam kenal.

      Delete