Thursday, January 17, 2013

Cinta Bahalap, Antologi Puisi Penyair Batola

cinta bahalap - antologi puisi barito kuala
Dalam rangka hari jadi Kabupaten barito Kuala yang ke-53 (kalo gak salah), Komunitas Sastra Indonesia (KSI) Barito Kuala dan Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Barito Kuala nerbitin buku antologi puisi berjudul Cinta Bahalap.


Ada 50 orang kontributor yang mengisi buku antologi ini, yang kesemuanya merupakan 'orang batola', salah satunya ane... :) Tapi ane cuma nyumbang empat puisi, yaitu puisi Khadam (Hendak) Jadi Raja Mamanda, Musim Katam, Jalan Pulang, sama Menunggu Makan Malam. Bagi kamu-kamu yang ngefans berat ama tulisan-tulisan gue (huek!) gak usah repot-repot nyari tu buku, soalnya keempat puisi tersebut udah lama ane posting di blog ini.

Buku ini, kalo dilihat dari desain cover dan halamannya yang ber-background cukup menawan. Hanya saja yang mengganggu ialah layout tulisannya karena puisi yang berbeda ditulis di bawah puisi sebelumnya. Berbeda dengan buku antologi puisi umumnya yang mana judul baru ditulis di halaman berbeda.

Dan yang menurut saya (pakai 'saya', ini serius) lebih mengganggu lagi ialah masalah editing. Kalo menurut perkiraan saya buku ini tidak ada proses editing sama sekali, karena begitu banyaknya ditemukan kesalahan pengetikan dan kesalahan EYD. Termasuk puisi ane, banyak yang salah ketik. Berbeda dengan file yang ane kirim. Tapi kalo itu sih kemungkinan karena saya ngirimnya ke email teman di Marabahan, lalu teman tersebut menyerahkan ke kurator berupa print out, bukan file. Jadi si kurator terpaksa mengetik ulang, dan timbullah kesahalan.

Tapi tak apalah, setidaknya ini salah satu upaya menumbuhkan kesusastraan di bumi Ije Jela. Semoga ke depannya akan lebih baik lagi. :)

No comments:

Post a Comment