Friday, November 4, 2011

Ngeblog Pakai Wordpress (bag. 2)

Jika pada tutorial sebelumnya saya sudah jelaskan dengan simpel gimana caranya bikin blog dengan WordPress, sekarang saya akan kasih langkah-langkah membuat posting (tulisan) di blog WordPress, karena banyak yang mengaku bingung menggunakan WordPress.
Oke, langsung aja.
1. Log in dulu, caranya buka http://alamatbloganda.wordpress.com/wp-admin , isi USERNAME dan KATA SANDI, lalu klik tombol MASUK.

2. Anda kemudian akan berada di Dasbor, tempat seluruh “kendali” blog Anda. Untuk membuat postingan, pilih menu TULISAN yang ada di sebelah kiri, lalu pilih sub menu TAMBAHKAN BARU.
3. Sekarang, Anda berada di halaman pembuatan posting baru. Ketik judul postingan Anda pada kolom kecil di bagian atas, sedangkan isi tulisan ketik di kolom besar di bawahnya.

- Bila postingan terlalu panjang, ada baiknya Anda hanya menampilkannya sebagian di halaman awal blog Anda, ini agar blog Anda lebih terlihat rapi. Caranya, letakkan cursor/pointer pada bagian postingan yang ingin Anda putus, lalu klik icon .
- Agar postingan kelihatan lebih menarik, Anda juga bisa memasukkan gambar. Caranya, klik icon yang berada di antara kolom judul dan isi postingan. Kemudian klik tombol PILIH BERKAS, lalu cari gambar dari komputer Anda yang ingin dimasukkan ke dalam postingan. Wordpress akan melakukan pengunggahan setelahnya. Bila proses unggah telah selesai, klik tombol SISIPKAN KE DALAM TULISAN yang ada di bagian bawah, maka gambar akan segera muncul di postingan Anda.
- Layaknya folder dalam komputer, postingan yang sedang Anda posting pun bisa Anda buat kategori-kategorinya agar rapi dan mudah mencari. Caranya, pada menu CATEGORIES di sebelah kanan, klik + TAMBAHKAN KATEGORI BARU. Tulis kategori untuk postingan tersebut pada kolom yang disediakan, misalnya: Info. Setelah itu klik tombol TAMBAHKAN KATEGORI BARU di bawahnya.
4. Bila semuanya dirasa sudah beres dan yakin tidak ada kesalahan, klik tombol TERBITKAN di sebelah kanan. Tulisan Anda tadi pun sekarang sudah bisa dibaca oleh semua orang di seluruh dunia.
Untuk melihat bagaimana hasilnya, ketik saja langsung alamat blog Anda di browser. Untuk meneruskan membaca postingan yang hanya ditampilkan sebagian, klik “CONTINUE READING” yang ada di bawah postingan, atau dengan mengklik judul postingan.
Selamat mencoba, dan selamat berbagi pada dunia! :)

14 comments:

  1. entah kenapa saya putus asa dengan wordpress...hehehe

    ReplyDelete
  2. Blogspot form kmentarx kd xmn wal ai.

    2011/11/5,

    ReplyDelete
  3. hohoho saya tau itu...tapi tampilannya menawan....hehe

    ReplyDelete
  4. haha tak apa...asal tampilannya menawan

    ReplyDelete
  5. Hahaha. . . Ada apa nih kisahnya?

    ReplyDelete
  6. Yang ngalih di WP sebuting ja: ampunnya WP engken lalu, hndk edit CSS bayar dlu ahaha..

    ReplyDelete
  7. Haha. . . Pakai yg pro, hxr kwa dimodel2i.

    2011/11/18,

    ReplyDelete
  8. nang coba buka blogq nag hanyar....form komentarnya menawan...gkgkgkgkgk

    ReplyDelete
  9. Na. . .blog hxr pulng. . .

    ReplyDelete
  10. Assalamu'alaikuuuuum , umpat baelanglah . . .anunya eh infonya bagus and menarik jua , mudahanai selanjutnya ada tarus nyaman kita rancak baelang , assalamua'alaikuuuum.

    ReplyDelete
  11. hehehe.... makasih lah... rancaki ja baelang.

    ReplyDelete