Thursday, October 6, 2011

Ngeblog Pake Wordpress

wp

Wordpress atau yang biasa disingkat WP, adalah salah satu situs penyedia layanan pembuatan blog dengan kelebihannya tersendiri dibanding yang lain. Cara pembuatannya cukup mudah, yuk ikuti langkah-langkah berikut ini:
1. Buka www.wordpress.com.
2. Klik tombol besar bertuliskan “Get started here” yang ada di samping kiri.
3. Kemudian kamu akan diminta mengisi:
-Alamat Blog
Ini sangat menentukan blogmu, karena alamat blog inilah yang nantinya akan kamu berikan kepada orang yang ingin mengunjungi blogmu. Jadi sebaiknya gunakanlah alamat yang mudah diingat. Contoh: duniasantri, maka alamat blogmu nantinya http://duniasantri.wordpress.com.
Karakter spasi tidak diperbolehkan dalam alamat ini.
-Username
Biasanya kolom ini akan otomatis terisi sesuai dengan kata yang kamu gunakan di kolom Alamat Blog, misalnya duniasantri. Tapi kamu bisa menggantinya dengan yang lain. Terserah, yang penting kamu mudah mengingatnya, karena Username inilah yang akan kamu gunakan setiap akan Log in.
-Password
Isi dengan karakter yang sulit ditebak, namun mudah kamu ingat.
-Konfirmasi Password
Ketik kembali karakter yang tadi kamu ketik di kolom Password.
-Alamat Email
Isi dengan alamat emailmu yang aktif, karena pada tahap selanjutnya kamu harus membuka email.

4. Bila semuanya sudah kamu isi dan yakin tidak ada kesalahan, klik tombol “Sign up ->”
5. Kamu kemudian akan diminta mencek email untuk menyelesaika proses registrasi.
6. Buka Kotak Masuk emailmu, di sana akan ada email baru dari WordPress.com. Buka email tersebut, dan klik tombol Activate Blog.
7. Welcome to WordPress.com! Selesai. Blogmu sudah jadi. Ternyata mudah sekali ya? 
Saat itu kamu berada di halaman Dashboard. Di situlah seluruh “kendali” blogmu, mulai dari memposting tulisan, mengatur tampilan, mengatur profil, dll. Tapi karena sepertinya kamu sudah tidak sabar melihat bagaimana blog atau website pribadimu itu, langsung saja ketik alamat blogmu tadi di browser, http://duniasantri.wordpress.com (sebenarnya tanpa “http://” pun bisa, malah lebih singkat, cuma biar kelihatan hebat aja) dan lihatlah hasilnya…
Selamat ngeblog!

2 comments: