Saturday, February 12, 2011

Nini Jablay Behind The Screen


Sungguh, ini adalah cerpen lama, kubuat di bulan April 2008. Cerpen yang iseng kukirim ke harian Radar Banjarmasin, entah itu kapan, sudah sangat lama.

Tak ada yang istimewa dari cerpenku ini, kecuali bahasanya yang 100% menggunakan Bahasa Banjar. Aku sendiri sudah menganggapnya "cerpen gagal", kuanggap itu sebagai pembelajaran dan bentuk latihan.
Sedikit pun tak pernah aku menyangka akan dimuat di harian Radar Banjarmasin yang seleksinya cukup sulit itu, dan ini adalah yang pertama kalinya cerpenku bisa tembus di sana.
Sebagai seorang pemula sepertiku ini, tentu saja hal ini sangat menggembirakan, sekaligus memantikkan semangatku untuk menulis cerpen yang lebih baik lagi.
Ada sedikit cerita tentang cerpen ini. Beberapa bulan yang lewat, seorang kawan yang kuliah di IAIN tertarik ikut lomba "Bakesah Bahasa Banjar" antar asrama. Dalam rangka apa, entahlah. Yang pasti waktu itu dia menanyakan padaku apakah punya cerpen Bahasa Banjar. "Punya", jawabku. "Cari aja di blog, tapi jangan salahkan aku bila nanti kalah, soalnya cerpennya tidak bagus."
Dia tidak peduli, karena menurutnya cerpen itu sudah cukup bagus. Ajaib, dia menang, juara 2!
Ah, bila dia dulu senang berkat cerpen ini, sekarang aku pun senang. Kuucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya untuk redaksi Radar Banjarmasin, khususnya Bang Randu. Sungguh, cerpen sederhana ini membuatku semangat lagi.

18 comments:

  1. terus berkarya dan bersemangan, semoga makin mantab karya-karyanya
    salam dari ampah

    ReplyDelete
  2. Ayo .. makin bersemangat untuk menulis dong jadinya .. he he, gudlak yaa

    ReplyDelete
  3. Wah bahasa Banjar :D *gak ngerti* xD

    ReplyDelete
  4. ulun mbaca cerpennya di koran, terbit hari minggu semalam kalo kada salah lok? :D

    kaca motor disangka intan, hwkwkwk

    ReplyDelete
  5. Amin... maksih..

    ReplyDelete
  6. Ayo belajar, hehe...

    ReplyDelete
  7. Oke, semoga saja :)

    ReplyDelete
  8. :D :D :D
    Cerpen tuha sekalinya..sasuai wan judulnya..haha
    Congrat!!!!

    ReplyDelete
  9. Wah! Nice Cerpen! Sukses ya brow! Lanjutkan semangatmu melebihi semangat 45

    ReplyDelete
  10. Hehe. . . Sip! Makasih kawan. .

    ReplyDelete
  11. waaaah,.. mantap neh penulis cuuuuuy.,, kereeeen..


    Salam bakawanan lah :)

    ReplyDelete
  12. Yup, salam bekawan jua. Hehe. .

    ReplyDelete
  13. takuliling otak mencari unsur instrinsik dan ekstrinsiknya cerpen banjar nini jablay nih kiapa

    ReplyDelete
  14. hehe.. maklumlah, cerpen jelek :)

    ReplyDelete