Wednesday, May 19, 2010

Sebarkan Virus Menulis pada Anak Desa


Rekreasi ke gunung? Ah, biasa! Ke pantai? Apalagi!
Gimana kalo ke desa sambil memotivasi anak-anak desa untuk menulis? Nah, ini baru seru.
Inilah yang kami (anak-anak Forum Pena Pesantren) lakukan pada tanggal 13-14 Mei tadi.

Selama ini, kegiatan motivasi menulis tampaknya cuma dilakukan di kota. Padahal, anak-anak desa pun berhak untuk menjadi penulis besar pada nantinya. Mungkin hal inilah yang membuat roda taksi (taksi paman ST) berputar mengantar kami dari Banjarbaru menuju Desa Kembang Habang, Kecamatan Salam Babaris, Tapin.

Kurang lebih 3 jam perjalanan, kami tiba di tempat penginapan, yaitu rumah Kamal (ketua FPP). Jalan yang ditempuh lumayan sulit, dengan tanah bergelombang (maklum, di pegunungan), serta kebun karet di sekeliling jalan.

Sungai bawah tanah berdinding, beralas dan beratap batu menjadi daya pikat tersendiri desa Kembang Habang ini. Sungai dengan air yang dingin, deras, jernih juga bersih, asli dari bebatuan alam pegunungan. Lubang untuk masuk ke sungai tersebut berada di tengah-tengah kebun karet. Keunikan sungai ini membuat kami tak bosan-bosannya untuk mandi.
***
Pagi besoknya (Jumat, 14 Mei), barulah kami menuju SDN Kembang Habang 1. Di sana kami melakukan pelatihan serta pengajaran menulis, baik itu cerpen puisi dan sebagainya. Pengajaran lebih difokuskan pada motivasi menulis. Keluguan anak-anak desa tersebut membuat suasana begitu menyenangkan.


14 comments:

  1. kegiatan yang bagus n positif kawan, semoga dapat berkah yang melimpah. amin :)
    salam,

    ReplyDelete
  2. wah kegiatannya seru.... hebat...

    ReplyDelete
  3. Semakin eksis. . . . . .
    Aku malah bengong. . . .kehabisan ide,inspirasi.....buntu,,ckckck.. Sudal lama tak menulis...tak tahu dari mana memulai,tak tahu kapan mau bangkit,tak tahu dimana mencari segenggam semangat..

    ReplyDelete
  4. Jangan gitu dong sob, ayo semangat!!! Dengan tulisan, mari kita ubah dunia!

    ReplyDelete
  5. Haha. . . .mau diubah seperti apa....

    ReplyDelete
  6. Wah sebuah ide yang sangat cemerlang...Selama ini memang anak-anak desa sangat terbatas dalam mendapatkan berbagai fasilitas dalam proses belajar, termasuk pelatihan seperti yang mas dan kawan2 lakukan...Pastinya sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  7. Betul sekali Bu.

    ReplyDelete
  8. kamaluddin el kembNG HbNGIFebruary 13, 2011 at 8:51 PM

    STUJU BNRRR, SMBL MLJRI DNGSNK2KU, SMBIL MNIKMTI PANORAMA INDAH DESAKU.sebenarnya msh bnyak tmpt2 yang elok d'dsaku yang blum anda rskn dn d'nkmti

    ReplyDelete
  9. Kapan kita kesanaan lagi? Jgn kda ingat bawai aku lh. . .

    ReplyDelete